Bentan.co.id – Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam mencatat peningkatan jumlah penumpang kapal sebesar 7 persen atau setara 2.015.016 penumpang di Triwulan I 2024.
Jumlah ini meningkatkan dibandingkan periode yang sama di tahun 2023, total 2.015.016 penumpang terlayani, dengan rincian 895.955 penumpang di Terminal Ferry Domestik dan 1.118.061 penumpang di Terminal Ferry Internasional.
Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar, mengungkapkan bahwa Terminal Ferry Domestik telah melampaui capaian Triwulan I 2019, sebelum pandemi COVID-19.
“Hal ini menunjukkan pulihnya sektor pariwisata dan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi laut,” katanya.
Meskipun Terminal Ferry Internasional masih 60% dari capaian 2019, Dendi optimis dengan peningkatan layanan dan pemulihan ekonomi.
“BUP BP Batam terus berupaya meningkatkan layanan di Terminal Internasional, termasuk digitalisasi pembelian tiket dan pembayaran non-tunai,” katanya.
Sejak November 2023, digitalisasi telah diterapkan di Terminal Ferry Domestik Punggur dan Sekupang.
Pembelian tiket online (e-ticketing) dan pembayaran non-tunai (cashless payment) tersedia. Calon penumpang domestik dapat memesan tiket melalui easybook.com dan tiketkapal.com.
Saat ini Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur juga dilengkapi self-kiosk, yang merupakan pelabuhan penumpang pertama di Indonesia yang menerapkan sistem ini.
“Diharapkan digitalisasi dapat meningkatkan pengalaman dan kemudahan bagi pengguna jasa transportasi laut,” harap Dendi.(*/Brp)
Editor: Don