Jelang Ramadhan, Pemko Batam Gelar Gerakan Pangan Murah

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Jelang Ramadhan, Pemko Batam Gelar Gerakan Pangan Murah
Jelang Ramadhan, Pemko Batam Gelar Gerakan Pangan Murah. Foto: Media Center Batam.

Bentan.co.id – Jelang bulan Ramadhan, Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Asosiasi Distributor menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah di Lapangan Bola Legenda Malaka pada hari Jumat (1/3/2024).

Gerakan ini bertujuan untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan di bawah harga pasar, serta membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Asosiasi Distributor atas kolaborasi ini,” kata Jefridin, Sekretaris Daerah Kota Batam, saat membuka acara.

Gerakan Pangan Murah ini merupakan salah satu program Badan Pangan Nasional (BAPANAS) untuk mengatasi inflasi dan menjaga stabilitas harga pangan.

“Selain stabilisasi pasokan, diharapkan kegiatan ini dapat membantu mengendalikan inflasi di tengah dinamika harga pangan yang memberikan kontribusi signifikan,” ujar Jefridin yang juga selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam.

Berbagai bahan pokok tersedia dengan harga murah, seperti:

Cabai Merah: Rp 80.000/kg (dari Rp 110.000/kg)
Telur Ayam: Rp 54.000/kg (dari Rp 56.000/kg)
Ikan Tongkol: Rp 35.000/kg
Beras SPHP: Rp 10.600/kg
Gerakan Pangan Murah ini akan diadakan sebanyak empat kali dalam setahun di lokasi yang berbeda.

“Setelah ini, Pemko Batam akan mengadakan program serupa, yaitu pasar murah, selama seminggu jelang puasa,” kata Jefridin.

“Di bulan April 2024, menjelang Lebaran, juga akan diadakan pasar murah,” tambahnya.

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih murah jelang Ramadhan.(Brp)

Editor: Brp