Kunjungan Wisman ke Batam Naik 25,79 Persen

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Kunjungan Wisman ke Batam Naik 25,79 Persen
Suasana di Pelabuhan Batam Center Batam. Kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini meningkat. Foto: Google/Taufik.

Bentan.co.id – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam mengalami peningkatan sebesar 25,79 persen pada bulan November 2023, dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisman yang berkunjung ke Batam pada bulan November 2023 mencapai 100.866 kunjungan. Angka ini meningkat 25,79 persen dari bulan Oktober 2023 yang hanya 80.189 kunjungan.

Banner Polresta Tanjungpinang

Peningkatan kunjungan wisman ini juga lebih tinggi 25,04 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Wisman yang berkunjung ke Batam pada bulan November 2023 didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura dengan capaian 59,65 persen dari total jumlah wisman secara keseluruhan.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengapresiasi peningkatan tersebut.

Menurut Muhammad Rudi, pencapaian ini tak terlepas dari upaya pemerintah dan BP Batam dalam mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung untuk kemajuan sektor pariwisata.

“Ini menjadi sinyal positif bagi kebangkitan ekonomi Batam. Kita harus kompak menjaga pencapaian ini agar kemajuan Batam dapat dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat,” ujarnya, Jumat (5/1/2024).

Muhammad Rudi juga optimistis, peningkatan jumlah kunjungan wisman ini juga tak terlepas dari kenyamanan dan keamanan Kota Batam.

Pasalnya, kenyamanan dan keamanan daerah menjadi faktor utama bagi para turis untuk berkunjung ke Batam.

Di sisi lain, peningkatan jumlah wisman ini memberikan dampak terhadap tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kepri.

BPS merilis, TPK hotel berbintang di Kepri pada bulan November 2023 rata-rata 60,91 persen atau naik 17,08 persen poin dibanding TPK Oktober 2023 yang tercatat sebesar 43,83 persen.

“Gairah ekonomi pun akan bangkit dengan peningkatan ini. Semoga ekonomi Batam terus melaju pesat ke depan,” pungkasnya.(*/Brp)

Editor: Don