Mewujudkan Transportasi Ramah Lingkungan: Kemenhub Gelar Electric Vehicle Fun Day

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Mewujudkan Transportasi Ramah Lingkungan: Kemenhub Gelar Electric Vehicle Fun Day
Mewujudkan Transportasi Ramah Lingkungan: Kemenhub Gelar Electric Vehicle Fun Day. Foto: Kemenhub.

Bentan.co.id – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengajak masyarakat untuk merayakan Electric Vehicle Fun Day pada Minggu (12/11/2023) di Balikpapan.

Acara tersebut bertujuan mendukung transisi energi berkelanjutan di bidang transportasi, khususnya penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Banner Polresta Tanjungpinang

Dalam mendukung upaya ini, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 39 tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. Peraturan ini menegaskan komitmen Indonesia untuk mencapai energi bersih, udara bersih, dan ramah lingkungan.

“Dengan mengadopsi kendaraan listrik, kita berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca, khususnya dalam sektor transportasi,” ujar Danto Restyawan, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub.

Danto menekankan perlunya sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah, industri otomotif, industri kreatif, dan masyarakat umum dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Saat ini, Indonesia telah memiliki populasi kendaraan listrik mencapai 95 ribu unit, termasuk sepeda motor, mobil penumpang, mobil bus, dan mobil barang.

Yosep Gunawan dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan mengungkapkan niatnya untuk bekerja sama dengan pihak swasta dan komunitas dalam mengoptimalkan implementasi kebijakan kendaraan ramah lingkungan di Balikpapan.

“Marilah kita bersama-sama mendukung langkah-langkah positif dalam percepatan mewujudkan sistem transportasi yang ramah lingkungan di Balikpapan,” ajak Yosep.

Acara Electric Vehicle Fun Day di Balikpapan diisi dengan riding komunitas motor listrik, senam sehat, talkshow, serta berbagai hiburan dan pengumuman pemenang lomba.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin teredukasi dan termotivasi untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan guna mendukung perubahan positif dalam sistem transportasi di Indonesia.(*/Brp)

Editor: Don