Pohon Are Setinggi 20 Meter di Tanjungpinang Terbakar

Bentan.co.id – Pohon Are setinggi hampir mencapai 20 meter terbakar, pada Rabu (4/10/2023) siang, di Jalan Usman Harun RT 01 RW 5, Kelurahan Tanjung Unggat, Tanjungpinang.

Sebuah pohon are setinggi hampir 20 meter itu terbakar tidak jauh dari perkarang rumah warga, beruntung petugas Damkar Tanjungpinang, segera datang dan memadamkan api.

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan, Djafnurinsyah mengatakan, petugas Damkar mendapatkan laporan dari warga langsung terun ke lokasi kejadian dengan menerjunkan dua unit armada.

Kata dia, petugas Damkar sempat mengalami kesulitan untuk memadamkan ap, lantaran akses jalan yang sempat sehingga petugas terpaksa merobohkan pagar warga untuk bisa mengakses lokasi kebakaran.

“Kami terpaksa merobohkan pagar warga, karena akses jalannya sempit untuk ke lokasi kebakaran,” ucap dia.

Djafnurinsyah menyebutkan, kebakaran terjadi akibat dari ulah seorang warga yang sengaja membakar kayu tidak jauh pohon are, sehingga api menjalar ke pohon tersebut.

Dari catatan Damkar Tanjungpinang, ucap dia, seorang warga tersebut diketahui pernah membakar pohon are itu pada tahun 2019. Insiden itu membuat dahan dari pohon are menimpa rumah warga setempat.

“Diduga dia sengaja, bakar kayu dekat situ. Lalu api merembet. Warga ini juga pernah membakar pohon ini pada beberapa tahun lalu (2019),” jelas dia.

Oleh karena itu, lanjut Djafnurinsyah, dirinya meminta RT RW setempat, agar membuat surat peringatan untuk warga yang membakar pohon tersebut. Agar, hal serupa tidak dapat terjadi lagi.

“Kita juga meminta surat Perkim, untuk mengeksekusi pohon ini. Karena takut tumbang, disebabkan sudah lapuk, dan itu sangat bahaya,” ujarnya.

Editor : Brp

Pohon Are Setinggi 20 Meter di Tanjungpinang Terbakar.
Pohon Are Setinggi 20 Meter di Tanjungpinang Terbakar. F. Bentan.