Antisipasi Gangguan, Satgas Kamtib Razia di Penghuni Rutan dan Lapas

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Antisipasi Gangguan, Satgas Kamtib Razia di Penghuni Rutan dan Lapas
Antisipasi Gangguan, Satgas Kamtib Razia di Penghuni Rutan dan Lapas. (Foto ist)

Bentan.co.id – Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) menggelar razia insidentil di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang. Razia tersebut dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi gangguan keamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru)

Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara Dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Kepri, Omo Suratmo menjelaskan, meningkatkan kewaspadaan merupakan salah satu upaya untuk menjaga, memelihara serta meningkatkan stabilitas keamanan ketertiban di Rutan dan Lapas.
“Hasil razia, tidak ditemukan barang barang terlarang,” ungkap Omo, Selasa (14/12/2021).

Banner Polresta Tanjungpinang

Saat perayaan Nataru, lanjut Omo, perlu peningkatan kegiatan intelijen guna deteksi dini terhadap hal hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban. Selain itu, perlu peningkatan pengawasan terhadap warga binaan. “Tingkatkan pengawasan dengan inspeksi pelaksanaan tugas pengamanan dan penggeledahan di blok hunian dan barang bawaan pengunjung,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Rutan Tanjungpinang Eri Erawan mengatakan pihaknya juga rutin menggelar razia insidentil yang dilaksanakan secara tiba-tiba. Hal ini bertujuan agar tetap mejaga kondusifitas warga binaan di Rutan Tanjungpinang.

“Kapan saja waktunya satgas bisa melakukan razia,” katanya.

Menurut Eri, warga binaan yang terbukti membawa barang-barang terlarang dan berbahaya di dalam blok hunian Rutan, akan diberikan sanksi tegas. Kalau ada yang melanggar, akan dimasukan ke dalam register F dan tidak akan mendapatkan remisi,” tegasnya.

(*/Yto)