Wujudkan Pemilu 2024 Berkualitas, Kesbangpol Bintan Gelar Sosialisasi serta Pembinaan Ormas dan LSM

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Wujudkan Pemilu 2024 Berkualitas, Kesbangpol Bintan Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Ormas dan LSM.
Wujudkan Pemilu 2024 Berkualitas, Kesbangpol Bintan Gelar Sosialisasi serta Pembinaan Ormas dan LSM. f. Diskominfo Bintan.

 

Bentan.co.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bintan menggelar sosialisasi pengawasan dan pembinaan terhadap Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Kegiatan yang digelar di Gedung Convention Hall Hotel Bhadra, pada Kamis (20/7/2023) kemarin itu, mengusung tema Partisipasi Organisasi kemasyarakatan dalam meningkatkan Partisipasi Politik untuk mewujudkan Pemilu berkualitas Tahun 2024.

Banner Polresta Tanjungpinang

Kepala Badan Kesbangpol Bintan, Muhammad Lukman menyampaikan, bahwa pengawasan dan pembinaan terhadap Ormas dan LSM bukan untuk membatasi gerak Ormas dan LSM itu sendiri.

Namun kata dia, dalam rangka penguatan dan penyehatan bagi Ormas dan LSM. Bentuk pengawasan dan pembinaan tersebut, yaitu berupa pertemuan rutin serta monitoring terhadap keberadaan Ormas dan LSM.

“Pengawasan dan pembinaan, mempunyai arti penting. Sebab Ormas dan LSM adalah bagian dari lembaga non-pemerintahan dan sebagai mitra pemerintah dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat demi terwujudnya tujuan pembangunan nasional,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyebutkan, Ormas dan LSM dituntut untuk terus melakukan peningkatan kualitas lembaga, baik dari sisi tertib administrasi, tertib anggota maupun dalam peningkatan SDM yang ada.

“Keberadaanya di Kabupaten Bintan juga diharapkan bisa memberikan sumbangsih bagi kebaikan daerah. Dimana, forum sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antar lembaga kemasyarakatan. Dengan adanya forum Ormas, dapat menyatukan semua organisasi kemasyarakatan di Bintan,” sebut Roby.

Pemerintah Kabupaten Bintan juga mengajak untuk bersama-sama mengawal pembangunan guna mencapai tujuan yang diharapkan yakni, kemajuan daerah dalam segala bidang.

“Ormas harus mampu menjadi mitra kerja pemerintah dalam membangun Bintan serta bersama-sama mengawal Pemilu yang akan datang pada Tahun 2024,” uajrnya. (Yto)

Editor : Brp