Dokumen 20 Ekor Sapi Asal Jambi Masuk ke Tanjungpinang Diperiksa Karantina Kepri

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Dokumen 20 Ekor Sapi Asal Jambi Masuk ke Tanjungpinang Diperiksa Karantina Kepri.
Dokumen 20 Ekor Sapi Asal Jambi Masuk ke Tanjungpinang Diperiksa Karantina Kepri. F. Bentang/Yto.

 

Bentan.co.id- Balai Karantina Kepri Satuan Pelayanan (Satpel) Tanjungpinang memeriksa dokumen 20 ekor sapi asal Jambi yang tiba di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.

Kepala Satpel Tanjungpinang Balai Karantina Kepri, Dwi Sulistyono mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pemeriksaan dokumen puluhan ekor sapi asal Jambi tersebut.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Petugas sedang di lapangan untuk mengecek dokumen dan mencari tau informasi lebih lanjut,” kata Dwi, Selasa (21/5/2024).

Dwi menjelaskan, jika memang tidak memiliki dokumen. Maka, pemilik puluhan ekor sapi akan diminta untuk mengembalikan sapu tersebut ke daerah asal.

“Jika memang tidak ditemui dokumen di lapangan, maka kita lakukan penolakan, sesuai dengan regulasi,” tegasnya.

Sebelumnya, 20 ekor sapi asal Jambi itu diangkut ke Tanjungpinang dengan menggunakan kapal KM. Cahaya Baru 01.

Kapal itu bersandar di Dermaga Pelantar KUD Tanjungpinang, pada Senin (20/5) sekitar pukul 06.00 WIB.

“Kami sedang menunggu dokumen dari karantina Jambi. Ada 20 ekor sapi,” kata Yani, pemilik sapi dutemui di Plantar KUD, Senin (20/5).

Ia menerangkan, jika dokumen dari Karantina Jambi sudah terbit, ia akan mengirimkan ke Kantor Karantina Tanjungpinang untuk dilakukan bongkar muat.

“Jadi untuk bongkar muat, kita menunggu dokumen dari Karantina Jambi, untuk dikirim ke sini (Tanjungpinang),” ungkapnya.

Yani menambahkan, jika sudah mengantongi izin yang lengkap, proses bongkar muat puluhan sapi tersebut akan dilakukan di Pelabuhan yang ada di Tanjungpinang.

“Sapi ini akan dibawa ke peternak yang ada di Tanjungpinang,” ujarnya. (Yto) 

Editor: Brp