RAGAM

Komunitas Reptil Karimun Edukasi Pelajar Tentang Penanganan Gigitan Ular

Komunitas Reptil Karimun (Korek) Berikan Sosialisasi Penanganan Gigitan Ular (Foto Komunitas Reptil Karimun)
Komunitas Reptil Karimun (Korek) Berikan Sosialisasi Penanganan Gigitan Ular (Foto Komunitas Reptil Karimun)

Bentan.co.id – Komunitas Reptil Karimun (Korek) berikan edukasi tentang bahaya gigitan ular kepada siswa Pramuka saat melaksanakan aktivitas diluar rumah, selasa (22/11/2022).

Edukasi tersebut dilakukan pada Pramuka Jumat Sabtu (Persuja) di lapangan bumi perkemanahan SMA swasta Mahabodhi karimun, pada Jumat umat (18/11/2022) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan, siswa-siswi kelas XII, yang bertujuan melatih kemandirian dan meningkatkan jiwa sosial para siswa, yang dibagi 3 sangga Putra dan 5 sangga Putri diberikan sosialisasi pengenalan, evakuasi dan penanganan gigitan ular.

Trainer Tim Korek, Vicky Zen mengatakan, edukasi tentang ular sangat perlu di terapkan kepada seluruh anggota pramuka, dimana ular merupakan satwa liat yang habitatnya paling dekat dengan manusia.

sebut Vicky, sosialisasi pengenalan, evakuasi penanganan gigitan ular sangat penting, dimana adik-adik Pramuka sering melakukan aktivitas di alam terbuka.

“Tujuan sosialisasi tersebut untuk mengubah paradigma masyarakat yang buruk terhadap ular, dan memberikan pembekalan yang benar agar keseimbangan alam tetap terjaga, karena ular merupakan satwa liat yang habitatnya paling dekat dengan manusiaā€¯ jelas Vicky.

Pembantu Pembina Pramuka SMA Swasta Mahabodhi, Riki Maulana menyampaikan, sosialisasi dan edukasi tersebut sangat membantu dan menunjang kegiatan ke Pramukaan.

Dimana, sebut Riki, ilmu tentang Reptil sangat dibutuhkan oleh para penegak, sehingga mereka lebih memahami tentang kehidupan Reptil.

“Para penegak sangat berterima kasih, mereka sangat senang, selain mendapatkan pengetahuan, mereka juga bisa memegang langsung berbagai spesies ular,” ungkap Riki.

Selain sosialisasi pengenalan, evakuasi dan penanganan gigitan ular dari Tim KOREK, berbagai kegiatan juga diselenggarakan oleh Pembina kepada penegak pramuka SMA Swasta mahabodhi, di antaranya sosialisasi dari damkar, outbond perahu karet bersama TNI AL, malam pensi dan api unggun, jalan santai, serta gotong royong.

(Yto)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close