Satkopaska Koarmada I Latihan Peperangan Laut Khusus di Perairan Tanjungpinang

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Satkopaska Koarmada I Latihan Peperangan Laut Khusus di Perairan Tanjungpinang.
Satkopaska Koarmada I Latihan Peperangan Laut Khusus di Perairan Tanjungpinang. F. Bentan/Yto.

 

Bentan.ci.id – Satkopaska Koarmada I menggelar latihan peperangan laut khusus atau Naval Special Warfare di sekitaran Perairan Pulau Dompak Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Latihan meliputi penyergapan sipil kriminal bersenjata yang menguasi Pulau Dompak.

Sebanyak 30 personel Satuan Komando Pasukan Katak atau Satkopaska Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut dilibatkan dalam latihan peperangan laut khusus ini.

Banner Polresta Tanjungpinang

Operasi senyap dilakukan pada Kamis 21 Maret 2024 sekitar pukul 02.00 Wib dini hari di Perairan Tanjung unggat menuju perairan Dompak Kota Tanjungpinang melalui laut untuk melumpuhkan kekuatan musuh.

Saat di Perairan Dompak personel Satkopaska langsung menyisir pantai guna mengetahui situasi keamanan dan kemudian personel naik kedaratan melakukan penyergapan sipil kriminal bersenjata yang menguasi Pulau Dompak.

Dalam penyergapan itu pun terjadi aksi tembak tembakan dan pengeboman oleh Satkopaska Koarmada I,dan akhirnya musuh berhasil dilumpuhkan.

Pasop Satkopaska Koarmada I, Mayor Laut (P) Gigis Windu menyebutkan, pada latihan rutin ini Satkopaska Koarmada I memiliki misi yakni melakukan penyergapan sekelompok sipil bersenjata yang menguasai Pulau Dompak.

Kegiatan ini merupakan bagian dari latihan rutin peperangan laut khusus sebagai upaya memperkuat kemampuan prajurit.

“Latihan rutin yang dilaksanakan pertriwulan bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas kemampuan prajurit,” terangnya.

Dalam latihan tersebut memperagakan ketarampilan yang wajib dimiliki oleh Prajurit Kopaska TNI AL seperti, renang rintis, selam tempur, dayung senyap dan taktik untuk memanuverkan pasukan mulai tingkat kelompok,regu ,pleton hingga kompi.

Lalu, melumpuhkan jalur logistik dan sarana bantuan untuk musuh, taktik melumpuhkan lawan atau penghancuran menggunakan Bahan peledak standart atau rakitan serta asasinasi atau melumpuhkan lawan. (Yto)

Editor : Brp