Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Mesir untuk Palestina

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Mesir untuk Palestina
Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Mesir untuk Palestina. Foto: Setkab.

Bentan.co.id – Sebuah pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan JT6001 mendarat di Bandara El Arish, Mesir, Senin (06/11/2023), membawa bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina.

Ketibaan pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan ini menandai langkah solidaritas Indonesia dalam membantu masyarakat Palestina yang tengah mengalami kekerasan di Gaza.

Banner Polresta Tanjungpinang

Tiba sekitar pukul 13.30 waktu setempat atau 18.30 WIB, pesawat ini merupakan pesawat ketiga yang membawa bantuan kemanusiaan tiba setelah dua pesawat C-130 Hercules sebelumnya.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Nugraha Mansury, yang tiba bersama pesawat Hercules, menyambut kedatangan pesawat ketiga ini di Bandara El Arish.

Dalam sambutannya, Pahala menjelaskan bahwa total bantuan yang dibawa oleh ketiga pesawat ini mencapai 51,5 ton, berasal dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia, termasuk Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Polri, Kitabisa, BAZNAS, dan Palang Merah Indonesia.

“Kita berharap kekerasan yang terjadi di Gaza benar-benar bisa dihentikan. Apalagi sebagian besar korban adalah masyarakat sipil yang tidak terkait dengan kejadian tersebut atau masyarakat yang tidak bersalah,” ungkap Pahala.

Bantuan kemanusiaan tahap pertama ini terdiri dari sekitar 26,5 ton logistik, yang kemudian diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir.

Pahala juga menyampaikan bahwa penerima bantuan di Mesir memberikan apresiasi atas upaya Indonesia dalam memberikan bantuan.

Perwakilan dari Bulan Sabit Merah Mesir, Mahmoud Gamaal, menjelaskan bahwa pihaknya bekerja 24 jam untuk menerima bantuan dari seluruh dunia.

Bantuan akan dipilah berdasarkan prioritas, dan saat ini bantuan medis menjadi prioritas utama untuk dikirimkan ke Gaza.(*/Brp)

Editor: Don