Indonesia Dorong Penetapan Hari Danau Sedunia di World Water Forum ke-10

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Indonesia Dorong Penetapan Hari Danau Sedunia di World Water Forum ke-10
Indonesia Dorong Penetapan Hari Danau Sedunia di World Water Forum ke-10. Foto: Dok Kementerian PUPR.

Bentan.co.id – Indonesia kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian danau di dunia. Dalam World Water Forum ke-10 di Bali yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024, Indonesia mendorong penetapan Hari Danau Sedunia

Penetapan Hari Danau Sedunia menjadi salah satu dari empat poin usulan yang dibawa Indonesia untuk diangkat menjadi resolusi PBB.

Banner Polresta Tanjungpinang

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Sekretariat Panitia Penyelenggara Nasional World Water Forum ke-10, Endra S. Atmawidjaja.

Endra menjelaskan bahwa penetapan Hari Danau Sedunia dilatarbelakangi kondisi danau-danau di dunia, termasuk Indonesia, yang banyak masuk kategori kritis.

“Danau memiliki peran penting sebagai tampungan air alami, dan perlu dijaga kelestariannya untuk menjamin ketersediaan air bagi seluruh masyarakat dunia,” katanya.

Selain mendorong Hari Danau Sedunia, Indonesia juga telah menyiapkan rancangan Deklarasi Bali yang memuat target-target konkret untuk pengelolaan air berkelanjutan. Deklarasi ini akan dibacakan dan diresmikan pada World Water Forum ke-10.

Endra memaparkan beberapa poin penting dalam Deklarasi Bali antara lain pembentukan Center of Excellence on Water and Climate Resilience, pengarusutamaan isu pengelolaan air untuk negara-negara berkembang di pulau-pulau kecil, pencatatan daftar proyek air sebagai Compendium of Concrete Deliverables and Actions dan penyediaan platform online untuk proses submisi proyek air.

“Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk World Water Council dan UNESCO, dalam mempersiapkan World Water Forum ke-10,” ungkapnya.

Forum ini diharapkan dapat menghasilkan solusi-solusi konkret untuk mencapai ketahanan air dan mendorong pengelolaan air yang berkelanjutan.(*/Don)

Editor: Don