Peringati Hari Pahlawan, Dewan Kesenian Tanjungpinang Gelar Beragam Kegiatan

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Peringati Hari Pahlawan, Dewan Kesenian Tanjungpinang Gelar Beragam Kegiatan.
Peringati Hari Pahlawan, Dewan Kesenian Tanjungpinang Gelar Beragam Kegiatan. F. Dewan Kesenian Tanjungpinang.

 

Bentan.co.id – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan tahun 2023, Dewan Kesenian Kota Tanjungpinang akan menggelar serangkaian kegiatan mulai pada 17 hingga 19 November 2023, bertempat di Gedung Gonggong, Tepi Laut, Tanjungpinang.

Serangkaian kegiatan yang akan digelar selama tiga hari itu diantaranya, lomba kompetisi musik pelajar, lomba baca puisi, lomba fotografi serta menggelar workshop tari, teater dan seni rupa.

Banner Polresta Tanjungpinang

Ketua Dewan Kesenian Kota Tanjungpinang, Zulkifli Harto mengatakan, kegiatan digelar dalam rangka turut serta berpartisipasi menggugah jiwa generasi muda, untuk mengenang dan meneladani jiwa kepahlawanan kepada generasi muda.

“Kami juga berupaya menggugah generasi muda untuk dapat mengenali, meneladani dan mengenang jasa Pahlawan yang rela berkorban, hingga kita saat ini telah bebas menikmati hasil jerih payah para pejuang terdahulu,” ucap Zulkifli, Kamis (16/11/2023).

Selain itu, sebut Zulkifli, pihaknya juga mengingatkan kembali kepada generasi muda terhadap para pejuanga dari Kepulauan Riau (Kepri) seperti, Sultan Mahmud, Raja Haji Fisabilillah dan Raja Ali Haji.

Hal itu dilakukan, lanjut dia, atas keprihatinan Dewan Kesenian Tanjungpinang bahwa masih banyak generasi muda yang tidak mengenali sosok Pahlawan dari Kepulauan Riau.

“Jangan-jangan generasi saat ini pun tak faham tentang banyak sosok pahlawan dari berbagai daerah yang telah berjuang tersebut,” ujarnya.

Zulkifli menuturkan, pada pelaksanaan kegiatan workshop nantinya sedikit berbeda pada workshop pada umumnya. Workshop yang digelar nanti pemberian materi lebih praktis dan langsung diberikan keahlian secara praktis.

“Lokasi workshop outdoor di luar ruangan, harapanya agar peserta tidak jemu mengikuti kegiatan workshop. Tetapi, tetap memberikan materi yang dapat langsung diaplikasikan oleh peserta kegiatan,” jelasnya.

Adapun para peserta kegiatan ini, sambungnya, menyasar generasi muda melalui sekolah dan universitas yang di Tanjungpinang, dengan jumlah yang tidak terbatas.

Kemudian, tambah Zulkifli, pihaknya juga nanti akan menyajikan nonton bareng Film perjuangan dengan diharapkan bisa menanamkan jiwa dan teladan pahlawan pada generasi muda.

“Kami juga berharap, melalui kegiatan ini dapat merperkuat persatuan bangsa, serta meningkatkan rasa kecintaan dan kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Hari Pahlawan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 10 November adalah momen bersejarah, untuk menghormati perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tujuan dari peringatan Hari Pahlawan diantaranya untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, yang telah berkorban jiwa dan raga mereka demi terciptanya Bangsa yang merdeka.

Selain itu, untuk menanamkan teladan kepada generasi muda untuk meneladani jiwa perjuangan dan jiwa kebangsaan.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Hari Pahlawan dilatarbelakangi peristiwa Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Peristiwa itu menjadi simbol kekuatan dan perlawanan.

Peristiwa Pertempuran Surabaya kemudian menjadi momen bersejarah, sehingga pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No 316 Tahun 1959, tanggal 16 Desember 1959. (Yto)

Editor : Brp