Pulau Berhala, Surga Wisata Bahari di Perbatasan Jambi-Kepri

Pulau Berhala, Surga Wisata Bahari di Perbatasan Jambi-Kepri
Pulau Berhala, Surga Wisata Bahari di Perbatasan Jambi-Kepri. Foto: GNFI.

Bentan.co.id – Pulau Berhala, sebuah pulau cantik yang terletak di perbatasan Jambi dan Kepri, kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kedua provinsi tersebut.

Pulau Berhala memiliki keindahan alam yang memukau, mulai dari pantai yang berpasir putih, air laut yang jernih, hingga terumbu karang yang masih alami.

Selain keindahan alamnya, Pulau Berhala juga memiliki sejarah yang panjang. Pulau ini dulunya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Namun, pada tahun 2013, Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau.

Meski sempat terjadi sengketa, kini kedua provinsi tersebut bekerja sama untuk memajukan pulau ini sebagai destinasi wisata.

Kepri dan Jambi telah membangun sejumlah infrastruktur di pulau ini, seperti dermaga, jalan, dan fasilitas wisata lainnya.

Selain itu, kedua provinsi tersebut juga telah mengadakan berbagai kegiatan promosi untuk memperkenalkan pulau ini kepada wisatawan.

Kerja sama antara Kepri dan Jambi dalam mengembangkan Pulau Berhala ini merupakan contoh yang baik untuk daerah-daerah lain yang memiliki konflik perbatasan.(*/Yto)

Editor: Don