17 Pengacara Muda PPKHI di Ambil Sumpah dan Janji di Pengadilan Tinggi Kepri

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Prosesi Pengambilan Sumpah dan Janji Belasan Pengacara Muda oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kepri. (Foto Bentan)
Prosesi Pengambilan Sumpah dan Janji Belasan Pengacara Muda oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kepri. (Foto Bentan)

Bentan.co.id Sebanyak 17 pengacara muda diambil sumpah dan janjinya di Pengadilan Tinggi (PT) Kepulauan Riau, Selasa (27/12/2022) pagi tadi, di Jalan Ahmad Yani, Tanjungpinang.

Pengambilan sumpah dan janji 17 pengacara muda yang tergabung dalam Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Batam itu dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Kepri, Erwin Mangatas Malau.

Banner Polresta Tanjungpinang

Usai pengambilan sumpah dan janji belasan pengacara muda itu, Ketua Pengadilan Tinggi Kepri mengucapkan selamat dan berharap belasan advokat yang telah diambil sumpahnya dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Advokat dituntut untuk berperan sebagai aparat penegak hukum yang profesional,” kata dia.

Selain itu, kata Erwin, dalam menjalankan tugas ada aturan yang dilakukan, seperti ada koridor hukum dan kode etik yang membatasi perilaku dalam profesi atau diluar profesi harus dipahami dengan cepat.

Kemudian, kepada advokat yang baru saja diambil sumpah dan janjinya diharapkan tidak mengembang tugas semata-mata demi bayar saja. Tetapi, harus bekerja melayani orang yang tidak mampu.

“Saya harap dapat menjalankan tugas dengan baik dan dengan profesional. Karena ini menyangkut hidup banyak orang,” ungkap dia.

Ketua DPC PPKHI Batam, Yuhermanto menyampaikan, ini merupakan hal yang perdana di lakukan di Pengadilan Tinggi (PT) Kepri. Ia juga berpesan kepada mereka agar dapat menjunjung tinggi keadilan dan memberikan pembelaan secara profesional.

“Pesan kami agar mereka dapat memberikan keadilan dan memberikan pembelaan secara profesional,” sebut dia.

Ia menambahkan, sebelum pengambilan sumpah dan janji ini, belasan advokat tersebut telah dilantik sebagai anggota PPKHI DPC Batam bertempat di Planet Holiday, pada Senin kemarin.

“Saat ini anggota kita hampir 70 orang yang tersebar di Batam, Tanjungpinang, namun yang paling banyak di Batam,” tutupnya.

(Yto)