Antisipasi Cuaca Ekstrem, SAR Tanjungpinang Siagakan Personel

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Basarnas Tanjungpinang Saat Gelar Patroli (Foto Humas Basarnas Tanjungpinang)
Basarnas Tanjungpinang Saat Gelar Patroli (Foto Humas Basarnas Tanjungpinang)

Bentan.co.id Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjungpinang menyiagakan sejumlah personel dan peralatan penyelamatan dalam mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini terjadi di Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Jumat (2/12/2022).

Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi mengatakan, memasuki musim penghujan yang berpotensi menimbulkan terjadinya bencana alam serta gelombang tinggi, SAR Tanjungpinang telah menyiagakan sejumlah personel untuk membantu masyarakat dan para nelayan.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Personel dan peralatan tersebut, disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi baik diwilayah perairan Tanjungpinang, Provinsi Kepri dan personel juga selalu siaga terhadap bencana alam dan termasuk banjir,” kata Slamet.

Adapun siaga personel yang dilakukan dengan menyiagakan Personel di Kantor SAR Tanjungpinang, Pos SAR Batam, Pos SAR Tanjungbalai karimun, Unit Siaga SAR lingga, serta Alut yaitu RB 209 Purworejo, RIB, Perahu Karet dan peralatan SAR lainnya.

Kepada masyarakat Tanjungpinang, sebutan Slamet, khususnya yang berada di sekitar perairan untuk selalu waspada dengan cuaca buruk. Terutama kepada nelayan diminta agar melihat kondisi cuaca ekstrem saat akan melakukan aktivitas di laut maupun masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut.

“Kita himbau agar mereka perhatian cuaca ekstrem. Jika tidak memungkinkan, nelayan diharap dapat menahan diri untuk tidak melaut dan perlunya menyediakan pelampung saat beraktivitas di laut,” jelas Slamet.

Ia menyampaikan, saat ini kondisi cuaca di Tanjungpinang cukup ekstrem, dimana hujan disertai angin kencang dan juga gelombang tinggi. Basarnas juga selalu melakukan berkoordinasi dengan unsur terkait utamanya BMKG untuk mengupdate kondisi cuaca di Tanjungpinang dan sekitaran kepri serta meningkatkan pemantauan melalui komunikasi dengan stakeholder terkait.

“Kami juga minta masyarakat agar dapat menghubungi Basarnas di Emergency Call 115 jika terjadi hal yang membahayakan, atau masyarakat bisa langsung menghubungi nomor Kantor Basarnas Tanjungpinang 0771-311111,” tutup Kepala Kantor SAR Tanjungpinang.

(Yto)