Sandiaga Uno Tutup Event Batam Wonderfood and Art Ramadan

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Sandiaga Uno Tutup Event Batam Wonderfood and Art Ramadan
Menparekraf, Sandiaga Uno Tutup Event Batam Wonderfood and Art Ramadan. Foto: Humas Kemenparekraf.

Bentan.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menutup event Batam Wonderfood and Art Ramadan 2024 di Batam, Sabtu (30/3/2024) .

Menparekraf Sandiaga mengatakan event yang telah berlangsung selama 22 hari di Taman Dang Anom ini telah memberikan dampak yang besar terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya UMKM di Kota Batam.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Mudah-mudahan Batam Wonderfood and Art Ramadan 2024 ini menjadi keberkahan bagi kita semua, terutama bagi UMKM dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Menparekraf Sandiaga.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, selama 22 hari penyelenggaraan, event yang masuk dalam Karisma Event Nusantara Kemenparekraf ini dikunjungi lebih dari 32 ribu pengunjung dengan total perputaran uang ditaksir mencapai Rp2,8 miliar.

Namun Menparekraf Sandiaga meyakini jumlah itu dapat lebih tinggi bahkan mencapai dua kali lipat.

“Karena average spending dari wisatawan di Kota Batam itu tinggi. Saya melihat angkanya bisa antara Rp 3,2 miliar sampai ke Rp 4,5 miliar,” kata Sandiaga.

Untuk itu, Sandiaga mendorong agar ke depan ada lebih banyak event-event yang dihadirkan Pemerintah Kota Batam untuk mendorong kedatangan wisatawan sehingga memberikan dampak geliat ekonomi dan terbukanya lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat.

“Saya mendorong lebih banyak lagi event yang dihadirkan di Kepulauan Riau,” kata Sandiaga.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, mengatakan pihaknya terus mendorong agar pemerintah kabupaten juga pemerintah kota di Kepri untuk terus menghadirkan berbagai kegiatan. Terutama kegiatan-kegiatan yang dilakukan di ruang publik.

“Yang memberi nilai tambah UMKM harus kita berdayakan, ini memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk memamerkan juga menjual produk-produk yang mereka miliki,” ujar Ansar.

Terkait pengembangan UMKM, ia juga berkomitmen memberi dukungan. Salah satunya melalui program bantuan modal usaha.

“Tahun ini plafon pinjaman tanpa bunga kita tingkatkan menjadi maksimal Rp40 juta,” ujar Ansar Ahmad.(Ink)

Editor: Brp