Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Lewat Adu Penalti Dramatis

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Lewat Adu Penalti Dramatis
Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Lewat Adu Penalti Dramatis. Foto: Twitter/afcasiancup.

Bentan.co.id – Timnas U-23 Indonesia menorehkan sejarah baru di kancah sepak bola Asia. Skuad Garuda Muda berhasil melangkah ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah mengalahkan Korea Selatan 11-10 lewat adu penalti yang menegangkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024).

Pertandingan berlangsung sengit sejak menit awal. Korea Selatan sempat unggul terlebih dahulu melalui tendangan bebas Lee Kang-hee, namun dianulir wasit setelah meninjau VAR karena offside. Indonesia kemudian berbalik unggul lewat gol indah Rafael Struick di menit ke-15.

Banner Polresta Tanjungpinang

Korsel menyamakan kedudukan di masa injury time babak pertama melalui gol bunuh diri Komang Teguh. Namun, Struick kembali mencetak gol di menit akhir babak pertama untuk membawa Indonesia kembali unggul.

Korsel harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-69 usai Lee Young-jun mendapat kartu merah. Unggul jumlah pemain, Indonesia justru kebobolan dari gol Jeong San-bin menit ke-85.

Di babak kedua, Korsel harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-69 usai Lee Young-jun mendapat kartu merah. Unggul jumlah pemain, Indonesia justru kebobolan dari gol Jeong San-bin menit ke-85.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga akhir babak kedua dan perpanjangan waktu. Drama adu penalti pun harus dilakoni untuk menentukan pemenang.

Adu penalti berlangsung menegangkan. Kedua tim saling berbalas gol hingga skor 10-10. Pada penendang ke-12, Kim Min-woo dari Korsel gagal menjebol gawang Ernando Ari.

Momen ini menjadi titik balik kemenangan Indonesia. Pratama Arhan kemudian melesakkan tendangan penentu dan membawa Garuda Muda melaju ke babak semifinal.

Kemenangan ini membuka lebar asa Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Olimpiade 2024. Di babak semifinal, Indonesia akan bertemu dengan pemenang laga antara Uzbekistan dan Arab Saudi.

Pertandingan Uzbekistan vs Arab Saudi baru akan berlangsung pada Jumat (26/4/2024) petang waktu setempat atau pukul 21.00 WIB.(Ink)

Editor: Don