Angka Kecelakaan Natal dan Tahun Baru Turun 39 Persen

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Angka Kecelakaan Natal dan Tahun Baru Turun 39 Persen
Angka Kecelakaan Natal dan Tahun Baru Turun 39 Persen. Foto: Kemenhub.

Bentan.co.id – Angka kecelakaan selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menurun 39 persen dibandingkan tahun lalu. Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Senin (25/12/2023).

Budi Karya mengatakan, angka kecelakaan tersebut terhitung mulai dari 18 hingga 25 Desember 2023. Penurunan tersebut merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, petugas kepolisian, dan masyarakat.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Yang membahagiakan adalah angka kecelakaan turun 39 persen dari tahun lalu. Kecelakaan itu tadi saya dapat dari Jasa Raharja dari tanggal 18 hingga sekarang apple to apple,” kata Budi Karya.

Meskipun begitu, Budi Karya mengingatkan bahwa angka kecelakaan bisa melonjak jika ada kecelakaan bus. Dia pun lantas mengingatkan soal kualifikasi bus.

“Dan ini adalah indikasi, biasanya apa yang terjadi pada saat kepulangan itu konsisten terjadi tetapi ini bisa menjadi suatu yang melonjak apabila ada kecelakaan bus,” tuturnya.

Karena itu, Budi Karya mengingatkan agar bus-bus yang tak memenuhi kualifikasi dan rawan mengalami kecelakaan tidak digunakan dengan tujuan lokasi ketinggian.

“Apalagi mereka akan ke Dieng tempat-tempat ketinggian seperti Tawangmangu itu berisiko. Jadi kami itu menjadi key daripada keselamatan. Saya harapkan jumlah itu tetap, tidak naik sejauh tidak ada kecelakaan bus karena sekali kecelakaan itu masif sekali,” ucapnya.

Penurunan angka kecelakaan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 merupakan kabar baik bagi masyarakat.
Namun, pemerintah tetap mengingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati dalam berkendara dan menggunakan transportasi umum.(*/Yto)

Editor: Don