DLH Tanjungpinang Resmikan Kampong Wisata Das

Banner sertifikat halal kemenag kepri
DLH Tanjungpinang Resmikan Kampong Wisata Das.
DLH Tanjungpinang Resmikan Kampong Wisata Das. F. Bentan/Yto.

 

Bentan.co.id – Warga Jalan Terkulai, Tanjungpinang memanfaatkan lahan yang dulunya merupakan resapan banjir menjadi Taman Kota. Deretan ratusan pohon jeruk dan air pancur jadi objek wisata baru bagi warga.

Kampung Wisata Das berada dilokasi taman di Kota Tanjungpinang yang baru saja diresmikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Tanjungpinang, Jumat lalu.

Banner Polresta Tanjungpinang

Taman Kota yang berada ditengah permukiman warga Jalan Terkulai, Kelurahan Sei Jang, Kota Tanjungpinang.

Warga mengubah tempat yang dulu menjadi tempat resapan banjir dan telah terbengkalai ini menjadi Taman Kota yang cantik baik secara swadaya dan juga dibantu oleh pihak PT Telkom.

100 pohon jeruk jadi pilihan warga untuk ditanam di Taman Kota yang diberi nama Kampung Das tersebut.

Kenapa tidak selain ditanam ratusan pohon jeruk di taman kota ini juga dibangun kolam air pancur dan terdapat berbagai jenis ikan hias didalam kolamnya.

Dan membuat taman kota ini semakin indah dengan berwarna dari jalan paving blok yang di cat dengan berbagai warna.

Badan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Telkom, Imam Susilo mengatakan, di Taman Kota ini juga disediakan tempat pelayanan publik seperti posyandu, koperasi hingga bank sampah yang sudah memiliki 60 orang nasabah.

Di Bank Sampah itu, warga bisa menukarkan botol bekas, plastik dan besi menjadi barang bernilai rupiah.

“Disisi banyak fasilitas kita kombinasikan seperti posyandu, Bank Sampah, Porklim. Semoga ini jadi pilot proyek, jadi bukan kawasan wisata tapi percontohan tempat lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Anugrah mengatakan, saat ini jumlah nasabah berjumlah 60 orang. Untuk menjadi nasabah cukup datang dan mengisi buku pendaftaran dan menuliskan jumlah barang yang distorkan.

“Caranya mudah untuk jadi nasabah kami, datang daftar lalu isiu buku jumlah barang yang disetor. Nanti kita masukkan ke grup Bank Sampah Anugerah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanjungpinang Ahmad Yani berharap Kampung Wisata Das dapat memacu warga menjaga kesehatan lingkungan.

“Kita harap Kampung Wisata Das ini bisa memacu masyarakat jaga kesehatan lingkungan dan meningkatkan pariwisata di Tanjungpinang,” katanya. (Yto)

Editor : Brp