Gubernur Ansar Tegaskan Komitmen Perkuat Toleransi Beragama di Kepri

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Gubernur Ansar Tegaskan Komitmen Perkuat Toleransi Beragama di Kepri
Gubernur Ansar Tegaskan Komitmen Perkuat Toleransi Beragama di Kepri. Foto: Diskominfo Kepri.

Bentan.co.id – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menghadiri Perayaan Syukur Ekaristi 25 Tahun Tahbisan Imamat di Gereja Katolik Maria Bunda Pembantu Abadi (MBPA) Kavling Lama Batu Aji Kota Batam, Kamis (18/4/2024) malam.

Perayaan yang penuh khidmat ini dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Pangkalpinang Adrianus Sunarko dan dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti pemotongan kue, musikalisasi puisi, serta tarian Gampang Hala dan Gawi.

Banner Polresta Tanjungpinang

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Kepri untuk terus memperkuat keagamaan sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hal ini diwujudkan melalui berbagai program lintas agama, demi menjaga dan merawat moderasi serta toleransi beragama di Kepri,” katanya.

Ansar menyatakan beberapa upaya yang dilakukan Pemprov Kepri, antara lain penguatan dan kolaborasi forum komunikasi umat beragama, pemberian bantuan hibah untuk semua rumah ibadah, termasuk gereja Pada tahun 2023, dialokasikan anggaran sebesar Rp94,4 miliar.

“Pemberian bantuan dana insentif bagi Tim Pembinaan dan Pengawasan Keagamaan, meliputi guru agama non formal, penyuluh non ASN, pemuka agama, pembangunan lintas sektoral untuk Kepri,” jelasnya.

Selain penguatan program keagamaan, Ansar menyebut Pemprov Kepri juga fokus pada pembangunan lintas sektoral, sebagai representasi pembangunan skala nasional.

“Hal ini mengingat Kepri sebagai salah satu daerah perbatasan sekaligus beranda luar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Beberapa program pembangunan lintas sektoral tersebut, antara lain pemberian asuransi bagi nelayan, program kepri terang, pemberdayaan program UMKM melalui modal subsidi bunga 0 persen hingga -embangunan rumah singgah di Jakarta dan Batam.

Gubernur Ansar menutup sambutannya dengan mengucapkan selamat atas Perayaan Ekaristi Peringatan 25 Tahun Tahbisan Imamat.

“Kami berharao perayaan ini dapat memberikan kedamaian dan inspirasi, serta meningkatkan nilai-nilai persaudaraan dan keharmonisan,” harapnya.(*/Brp)

Editor: Don