Arus Mudik Lebaran 2024 di Batam Melonjak 11 Persen

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Arus Mudik Lebaran 2024 di Batam Melonjak 11 Persen
Arus Mudik Lebaran 2024 di Batam Melonjak 11 Persen. Foto: Humas BP Batam.

Bentan.co.id – Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BUP BP) Batam mencatat lonjakan arus mudik Lebaran 2024 dengan melayani 580.867 penumpang dari H-15 hingga H+3 Lebaran.

Jumlah ini menunjukkan peningkatan 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

Banner Polresta Tanjungpinang

Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar mengungkapkan Terminal Ferry Domestik mengalami lonjakan penumpang tertinggi, yaitu 15 persen, dengan total 316.000 penumpang selama periode mudik.

“Ini menunjukkan tren positif pasca dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan oleh pemerintah pusat,” katanya baru-baru ini.

Dendi melanjutkan, puncak arus mudik di Terminal Ferry Domestik terjadi pada H-3 dengan 16.795 penumpang meninggalkan Batam. Sedangkan untuk arus balik, puncaknya terjadi pada H+3 dengan 17.541 penumpang.

Berdasarkan data BUP BP Batam, Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur menjadi terminal domestik terpadat selama periode mudik, dengan total 139.000 penumpang.

Terminal ini melayani rute ke Tanjung Pinang, Dabo Singkep, Tanjung Uban, Tarempa, dan Sei Tenam.

Untuk rute internasional, Terminal Ferry Internasional Batam Centre menjadi yang terpadat dengan 154.000 penumpang.

Terminal ini melayani rute ke Malaysia (Stulang Laut dan Pasir Gudang) dan Singapura (Harbour Front dan Tanah Merah).

Selama periode mudik, BUP BP Batam menyiagakan 4 posko angkutan laut di Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur, Sekupang, Harbour Bay, dan Terminal Umum Batu Ampar (Pelni).

Bekerja sama dengan instansi terkait, BUP BP Batam juga melakukan pengawasan terpadu di pelabuhan untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik.

“Kami ucapkan terima kasih atas sinergi lintas instansi selama pengamanan Angkutan Lebaran Tahun 2024 sehingga kegiatan mudik dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” ujar Dendi.(*/Brp)

Editor: Don