BPBD Bintan Bentuk Relawan Damkar di Kecamatan Toapaya

Banner sertifikat halal kemenag kepri
BPBD Bintan Bentuk Relawan Damkar di Kecamatan Toapaya.
BPBD Bintan Bentuk Relawan Damkar di Kecamatan Toapaya.F. Bentan/Yto.

 

Bentan.co.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, menggelar pembentukan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran (redkar), di Kecamatan Toapaya. Senin 27 Mei 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung Sekda Bintan Ronny Kartika, dirinya menjelaskan relawan-relawan ini dibentuk agar dapat siap mengantisipasi kebakaran dengan cepat.

Banner Polresta Tanjungpinang

Tak hanya itu ratusan redkar ini nantinya akan membantu pihak BPBD dalam keadaan darurat, seperti bencana banjir, kebakaran dan lainnya.

Dirinya juga mengajak seluruh anggota BPBD Bintan, dan khususnya UPTD Pemadam Kebakaran untuk melihat sudut pandang terhadap arah dan kebijakan kedepan.

“Peran institusi pemadam kebakaran bukan hanya sekedar siap siaga mengatasi kebakaran, akan tetapi juga terlibat langsung memberi rekomendasi terhadap proteksi kebakaran, redkar ini nantinya akan membantu BPBD dalam kondisi darurat, termasuk bencana,” jelasnya.

Kepada BPBD Bintan, Ramlah mengatakan bahwa pembentukan dan pembinaan kepada redkar sudah ada sebanyak 115 orang di Kabupaten Bintan.

“Kecamatan Toapaya sebanyak 35 orang menjadi relawan pemadam kebakaran, dan total se Kabupaten Bintan sebanyak 115 orang,” ungkap Ramlah.

Nantinya Redkar ini dibentuk agar ke depan bisa dibina bagaimana tata cara memadamkan api dengan benar, dan bagaimana cara memadamkan api dengan skala besar hingga kecil, melalui UPT Damkar yang ada di Bintan. (Yto)

Editor: Brp