Ketua PKK Bintan Gencar Kampanyekan Tips 4T Turunkan Angka Stunting

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Ketua PKK Bintan Gencar Kampanyekan Tips 4T Turunkan Angka Stunting.
Ketua PKK Bintan Gencar Kampanyekan Tips 4T Turunkan Angka Stunting. F. Diskominfo Bintan.

 

Bentan.co.id – Ketua TP PKK Bintan Hafizha Rahmadani terus menggencarkan penekanan angka stunting, di Kabupaten Bintan.

Bermodal ketekunan Ketua TP PKK Bintan dengan terus mensosialisasikan dari Desa ke Desa terkait tumbuh kembang anak, akhirnya membuahkan hasil.

Banner Polresta Tanjungpinang

Dimana, dari hasil peninjauannya beberapa Desa di Kabupaten Bintan, angka stunting mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Ketua TP PKK Bintan, Hafizah mengatakan, namun demikian ada sebagai kecil Kelurahan/Desa mengalami kenaikan angka stunting seperti di Desa Penagaw.

Oleh karena itu, tegas dia, meski baru terindikasi stunting, hal tersebut tidak boleh dianggap sepela, dan harus segera dicarikan solusinya.

“Saya dapat laporan, jadi saya langsung respon dan turun langsung ke Desanya. Walau pun baru terindiksi, artinya kemungkinan stunting. Tapi harus kita ambil tindakan sedini mungkin,”tegas Hafizah, di Balai Dang Merdu Desa Penaga, Senin (24/7/2023).

Kepada perangkat Desa hingga Kecamatan, Hafizah juga meminta untuk terus mendampingi dan melaporkan berbagai perkembangan. Jangan sampai ada yang lepas dari pantauan atau tidak terdata.

“Jangan sampai tidak terpantau. Disini kita usaha dan ikhtiar. Pendamping keluarga, perangkat Desa dan semua bergandengan. Jangan lupa juga ibu-ibu, peran orang tua di rumah yang paling penting,” jelas dia.

Beberapa langkah yang disampaikan Hafizha agar dilaksanakan dan dihindari untuk memastikan baiknya tumbuh kembang anak.

Dirinya menyebutkan stunting bukan sekedar pola makan dan pola asuh, tapi banyak hal lainnya.

Selanjutnya tips 4T juga harus dipahami dengan baik. Tidak terlalu muda saat mendapat kehamilan.

Lalu, tidak terlalu rapat jarak kehamilan, tidak terlalu banyak (dua anak cukup) dan tidak terlalu tua saat kehamilan.

“Saya akan melakukan pemantauan berkelanjutan. Saya harap semua pihak benar-benar melakukan tindakan secara maksimal dan terus berkoordinasi,” sebut dia. (Yto)

Editor: Brp