Pelajar Thailand Belajar di MAN IC Batam

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Pelajar Thailand Belajar di MAN IC Batam
Pelajar Thailand Belajar di MAN IC Batam. Foto: Kemenag.

Bentan.co.id – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Batam menjalin kerjasama dengan Bumrungsuksa Islamic Boarding School, Thailand dalam program pertukaran pelajar (student exchange).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan memperluas wawasan para siswa antar kedua negara.

Banner Polresta Tanjungpinang

Sebanyak 20 siswa dari Bumrungsuksa Islamic Boarding School mengikuti program pertukaran pelajar selama kurun waktu 21 April – 3 Mei 2024.

Pada kesempatan ini, para siswa akan mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran, seperti kelas bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, budaya Indonesia, dan kunjungan wisata.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdiyanto menyampaikan apresiasi atas terobosan program pertukaran pelajar ini.

Ia berharap program ini dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para peserta dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mereka.

“Program ini merupakan salah satu bukti komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memperluas hubungan internasional dan meningkatkan kemampuan bahasa asing,” katanya.

Sementara itu, Direktur Bumrungsuksa Islamic Boarding School, Mr. Hawaree Lambensa, menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat. Ia berharap program ini dapat memberikan pelajaran dan pengalaman terbaik untuk para siswanya.

“Student exchange ini bertujuan untuk praktik langsung bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Selain itu, untuk saling mempelajari budaya, silaturahmi, dan menanamkan kemandirian. Semoga anak-anak betah selama mengikuti program ini,” ungkap Hawaree.

Kepala MAN IC Batam, M. Kamal, menambahkan bahwa program pertukaran pelajar ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan memperluas relasi.

Ia juga menyampaikan bahwa siap menerima siswa internasional melalui mekanisme khusus.

“Tahun ini, akan menerima siswa dari luar negeri, dan dari peserta Student Exchange ini sekitar 6 orang akan mengikuti seleksi masuk,” ujar Kamal.

Di akhir acara penyambutan, dilakukan penandatanganan MoU antara Kemenag, MAN IC Batam, dan Bumrungsuksa Islamic Boarding School, Thailand. Penandatanganan MoU ini menandai dimulainya kerjasama resmi antara ketiga pihak dalam program pertukaran pelajar.(*/Brp)

Editor: Don