Polresta Tanjungpinang Gelar Pelatihan Kemampuan Ketua Satkamling

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Polresta Tanjungpinang Gelar Pelatihan Kemampuan Ketua Satkamling.
Polresta Tanjungpinang Gelar Pelatihan Kemampuan Ketua Satkamling.F. Humas Polresta Tanjungpinang.

 

Bentan.co.id-Polresta Tanjungpinang menggelar Pelatihan Kemampuan Ketua Satkamling yang ada di Kota Tanjungpinang. Kegiatan berlangsung di Ruang Rupatama Mapolresta Tanjungpinang, pada Selasa (21/05/2024).

Waka Polresta Tanjungpinang, AKBP Arief Robby Rachman mengatakan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dilingkungan masyarakat Kota Tanjungpinang.

Banner Polresta Tanjungpinang

“kita hari ini mengadakan pelatihan kemampuan ketua satkamling. Maka kita mengundang bapak, ibu, perwakilan satkamling di wilayah, perumahan,perkampungan masing-masing yang ada di Kota Tanjungpinang,” kata dia.

AKBP Roby menyebutkan, terkait keamanan di lingkungan masyarakat, hal yang perlu ditekankan adalah harus bersatu terlebih dahulu untuk belajar dan mengatur strategi serta kemampuan masing-masing bagaimana mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Melalui pelatihan kemampuan satkamling tersebut, saya mengajak para peserta untuk bersatu jaga keamanan dan situasi kamtibmas yang kondusif di lingkungan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kanit Bhabinkamtibmas Polresta Tanjungpinang, Iptu Herman mengatakan, dalam hal keamana dibagi dalam 3 bagian diantaranya Sat Pol PP, Sat Samapta dan Sat Reskrim.

“Sat Pol PP memiliki fungsi penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman serta perlindungan masyarakat, kalau Sat Samapta ini memiliki fungsi penjagaan dan patroli, sementara Sat Reskrim memiliki fungsi kewenangan untuk penangkapan TP-TKP,” jelasnya.

Oleh karena itu, sebutnya, apabila ketua maupun anggota satkamling saat melaksanakan tugas dan mendapat suatu permasalahan yang bisa memicu gangguan kamtibmas, bisa berkoordinasi dengan 3 bagian tersebut.

“Maka, melalui pelatihan ini kita kuatkan sinergitas dan saling koordinasi tentang keamanan dan kamtibmas yang kondusif di lingkungan masyarakat Kota Tanjungpinang,” ujarnya. (Yto)

Editor:Brp