PT. MKP Soft Launcing Penerapan E Tiketing di Pelabuhan SBP Tanjungpinang

Banner sertifikat halal kemenag kepri
PT. MKP Soft Launcing Penerapan E Tiketing di Pelabuhan SBP Tanjungpinang.
PT. MKP Soft Launcing Penerapan E Tiketing di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. F. Bentan/Yto.

 

Bentan.co.id – PT. Mitra Kasih Permata (MKP) menggelar soft launching aplikasi penerapan E-ticketing, di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kamis (29/2/2024).

Dengan digelarnya soft launching tersebut maka calon penumpang kapal dapat membeli tiket kapal ferry secara online melalui web tiketkapal.com.

Banner Polresta Tanjungpinang

Sof launching aplikasi penerapan E-ticketing itu turut dihadiri oleh sejumlah agen kapal serta pihak pelindo.

PT. Mitra Kasih Perkasa merupakan aplikator asal Kota Semarang, yang menyediakan layanan penerapan tiket elektronik disejumlah daerah. Salah satu yang terbaru di pelabuhan SBP Tanjungpinang.

CEO PT. MKP, Irawan mengatakan, saat ini penerapan e-ticketing tengah memasuki tahap akhir verifikasi oleh kantor syahbandar dan otoritas pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang.

Irawan optimis, e-ticketing dapat diterapkan pada bulan Maret mendatang sebelum masa mudik lebaran dimulai.

Untuk saat ini, sebut dia, sudah 12 agen kapal yang melayani pelayaran antar pulau di Kepri dan telah tergabung dan menggunakan E-ticketing MKP.

“Penerapan E -ticketing merupakan salah satu upaya digitalisasi layanan kepada penumpang sesuai arahan pemerintah pusat. Transisi itu pasti akan dilakukan, tapi kedepannya kita akan full secara digitalisasi,” jelasnya.

Sementara itu, Pelindo Cabang Tanjungpianang, Real Fultimer Harianja menyampaikan, Pelindo sangat mendukung penerapan e-ticketing di Pelabuhan SBP tersebut.

Harianja menuturkan, Pelindo siap memfasilitasi bagi aplikator lainnya yang ingin membuka layanan e-ticketing di Pelabuhan SBP.

“Sesuai dengan visi misi Pelindo yaitu mewujudkan perekonomian diwilayah Indonesia terkait maritim ini merupakan hal yang baik. Nanti kita akan masif bersosialisasi dan berikan infromasi terkiat E tiketing, Pelindo tidak memihak kepada aplikator yang lain sepanjang memenuhi persyaratan dan regulasi yang ada kami siap memfasilitasi saran dan prasaran aplikasi e tiketing,” ungkpanya.

Salah seorang agen kapal, Karim mendukung dan menyambut baik penerapan e-ticketing tersebut. Ia mengatakan, ini akan memudahkan masyarakat untuk membeli tiket, tanpa harus ke pelabuhan.

Di masa transisi, pihaknya akan memberikan pendampingan kepada masyarakat yang belum tahu cara membeli tiket secara online.

“Kami dari pihak perusahaan pelayaran sangat menerima E – tiketing ini karena merupakan suatu pintu masuk juga bagi masyarakat agar melek teknologi juga mudah mudahan adanya etiketing ini kita bisa berkolaborasi bersama MKP,” ujarnya. (Yto)

Editor : Brp