Dinkes Tanjungpinang Lanjutkan Layanan KB Gratis

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Dinkes Tanjungpinang Lanjutkan Layanan KB Gratis.
Dinkes Tanjungpinang Lanjutkan Layanan KB Gratis. F. Diskominfo Tanjungpinang.

 

Bentan.co.id- Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, PP dan KB) bersama jejaringnya masih terus memberikan layanan Keluarga Berencana (KB) gratis.

Pelayanan gratis ini dimulai sejak April lalu dalam rangka memperingati Hari Kartini, dilanjutkan dengan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada bulan Mei ini, dan akan berlanjut hingga bulan Juni mendatang melalui momen Gerakan Sejuta Akseptor.

Banner Polresta Tanjungpinang

Hingga minggu kedua Mei, jumlah peserta KB yang telah dilayani mencapai lebih dari 2.149 akseptor. Layanan ini meliputi berbagai jenis kontrasepsi seperti IUD (Intra Uterine Device), implan, dan suntik. Jumlah peserta yang dilayani terus bertambah setiap harinya.

Pelayanan KB gratis ini diberikan melalui seluruh fasilitas kesehatan baik milik pemerintah maupun swasta, termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik-klinik, dan praktik bidan mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan antusiasme masyarakat dalam program KB.

Ia juga menghimbau masyarakat yang membutuhkan layanan KB untuk memanfaatkan momen-momen tersebut guna mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

“Baik calon peserta KB baru maupun yang ingin memperpanjang ataupun mengganti metode kontrasepsi semua dapat dilayani secara gratis,” ucap Rustam, Jumat (17/5/2024).

Selain itu, Rustam mengatakan bahwa kepada peserta layanan ini juga diberikan pengganti transportasi sebesar Rp100 ribu untuk peserta kontrasepsi IUD dan implan, sedangkan untuk peserta KB metode Medis Operasi Wanita (MOW) sebesar Rp300 ribu.

“Dengan berjalannya program ini diharapkan dapat terus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program KB dan membantu mengendalikan pertumbuhan penduduk di kota Tanjungpinang,” tutup Rustam. (Yto)

Editor: Brp