KPU Tanjungpinang Tergatkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai Hari Ini

Banner sertifikat halal kemenag kepri
KPU Tanjungpinang Tergatkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai Hari Ini.
KPU Tanjungpinang Tergatkan Sortir dan Lipat Surat Suara Selesai Hari Ini. F. Bentan/Yto.

 

Bentan.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menargetkan penyortiran dan pelipatan 853.345 surat suara Pemilu 2024, akan selesai Selasa (16/1/2024) hari ini.

Ketua KPU Tanjungpinang, Muhammad Faisal mengatakan, saat ini pihaknya sedang melipat surat suara untuk pemilihan DPD RI. Sementara, surat suara DPRD Kota, DPRD Kepri, DPR RI telah selesai dilipat.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Kemudian akan dilanjutkan surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Kita targetkan malam ini selesai semua,” ujar Faisal, Selasa (16/1/2024).

Faisal menerangkan, ada sejumlah surat suara yang tiba di Tanjungpinang dengan kondisi gagal cetak.

Namun, pihaknya akan melakukan sortir ulang, untuk memastikan apakah surat suara yang gagal cetak ini layak digunakan apa tidak.

“Belum bisa menentukan berapa. Karena ada kategori gagal cetak tidak layak atau masih layak untuk digunakan,” ungkapnya.

Jika ada kekurangan surat suara, KPU Tanjungpinang akan minta penggantian. Dengan melaporkan ke KPU Provinsi Kepri, lalu KPU RI.

Selain itu, kata Faisal pihaknya juga akan melakukan setting di kotak suara, usai semua surat suara selesai di sortir dan lipat.

Diketahui, surat suara DPRD Tanjungpinang daerah pemilihan (Dapil) satu ada sebanyak 50.513, dapil dua sebanyak 33.889, dapil tiga sebanyak 43 844 dan dapil empat ada 42.423 surat suara.

Sementara jumlah surat suara Presiden dan dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI dan DPRD Provinsi, masing-masing berjumlah 170.669 lembar. (Yto)

Editor : Brp