Lewat Musrenbang, Dispora Tanjungpinang Tampung Aspirasi Pemuda

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Lewat Musrenbang, Dispora Tanjungpinang Tampung Aspirasi Pemuda.
Lewat Musrenbang, Dispora Tanjungpinang Tampung Aspirasi Pemuda. F. Diskominfo Tanjungpinang.

 

Bentan.co.id – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemuda 2024 di Comforta Hotel Tanjungpinang, Kamis (29/2).

Asisten I Pemko Tanjungpinang, Muhammad Yatim mengatakan, sebagaimana diketahui, undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan mengamanatkan bahwa, pemuda adalah Warga Negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Dari batasan umur pemuda tersebut, terlihat jelas bahwa pemuda merupakan ujung tombak dan generasi penerus bangsa Indonesia ke depan,” Kata Yatim, Kamis (29/2)

Menurut Yatim, pemuda harus dibangun sejak dini, agar ke depan pemuda Indonesia memiliki karakter, kapasitas dan daya saing yang tinggi sehingga mampu bersaing tidak hanya dalam skala lokal dan nasional, tapi juga internasional.

Tahun 2020 sampai dengan tahun 2030 Indonesia menghadapi ledakan bonus demografi dimana penduduk usia produktif mencapai 70 persen dibandingkan penduduk usia lanjut dan anak-anak.

“Kondisi ini memerlukan langkah kebijakan pembangunan kepemudaan yang tepat dari pemerintah, serta dukungan dari pemuda sendiri sebagai agen perubahan,” ujarnya.

Musrenbang Pemuda Kota Tanjungpinang bertujuan untuk memfasilitasi penyampaian segala aspirasi, fokusnya adalah penyusunan usulan skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan kepemudaan, serta dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dalam pencapaian indeks pembangunan pemuda di Kota Tanjungpinang,” harapnya.

Sementara itu, Kadispora Kota Tanjungpinang, Efendi, menambahkan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada pemuda sebagai generasi penerus bangsa mewujudkan pemuda penerus perjuangan bangsa yang berwawasan kebangsaan, religius dan berdaya saing.

“Memberikan peluang kepada perwakilan pemuda Tanjungpinang untuk menyampaikan aspirasi dan gagasan yang menunjang pembangunan kepemudaan,” sebutnya.

Ia mengatakan peserta kegiatan Musrenbang Pemuda Kota Tanjungpinang itu berjumlah 100 orang, yang berasal dari perwakilan organisasi kemasyarakatan pemuda, dan mahasiswa.

“Ada juga dari karang taruna kecamatan serta para undangan dari OPD yang terkait dengan koordinasi lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan,” tutupnya.(Yto)

Editor : Brp