Menag: Dukungan Umat Beragama untuk Rakyat Palestina

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Menag: Dukungan Umat Beragama untuk Rakyat Palestina
Menag: Dukungan Umat Beragama untuk Rakyat Palestina. Foto: Humas Kemenag.

Bentan.co.id – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan tegas mengutuk agresi Israel terhadap Palestina dan mengajak semua umat beragama untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina.

Dalam Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, pada Minggu (5/11/2023), Menag menyatakan kejadian itu adalah tragedi kemanusiaan. Semua agama merasakan penderitaan saudara-saudara di Palestina.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Jadi seharusnya apapun agamanya harus memberikan dukungan kepada warga Palestina. Korban di Palestina pun bukan hanya Muslim, ada pula umat Kristen dan Yahudi,” katanya.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai organisasi lintas agama, termasuk MUI, KWI, PGI, PHDI, Permabudhi, Matakin, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan organisasi keagamaan lainnya.

Tokoh-tokoh seperti Menko PMK Muhadjir Efendi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Wakil Ketua DPD RI Sylviana Murni, dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla juga turut hadir.

Menag, sebagai perwakilan pemerintah, menyerukan kepada seluruh umat beragama, terutama umat Islam, untuk menjadi inspirasi rahmah, kasih sayang, perdamaian, dan keadilan.

“Ini yang perlu kita kedepankan sebagai cara untuk mencari resolusi konflik atas apa yang terjadi di Palestina,” lanjut Menag.

Menag juga mengajak umat muslim dan seluruh umat beragama untuk terus mendoakan rakyat Palestina yang telah wafat akibat agresi Israel, berharap agar mereka mendapatkan tempat yang terbaik, keadilan, perdamaian, dan kemerdekaan segera diperoleh oleh bangsa Palestina.

Menurutnya, bantuan untuk Palestina akan diorganisir dan dipusatkan melalui Kementerian Luar Negeri, dengan penggalangan dana melibatkan ASN Kemenag dan stakeholder yang dapat diakses pemerintah.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan bahwa bantuan tahap pertama, yang berasal dari seluruh elemen rakyat Indonesia, sudah dilepas oleh Presiden Joko Widodo.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, tapi dari seluruh rakyat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga-lembaga kemanusiaan. Terimakasih rakyat Indonesia. Bantuan berikutnya sedang dipersiapkan,” ungkap Retno Marsudi.(*/Brp)

Editor: Don