Siaga Bencana, Pemda Bintan Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Siagan Bencana, Pemda Bintan Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana.
Siagan Bencana, Pemda Bintan Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana. F. Diskominfo Bintan.

Bentan.co.id Pemda Bintan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan telah membentuk forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB).

Pembentukan forum tersebut bertujuan untuk menjalin komitmen dari seluruh pihak dalam pengurangan risiko bencana di Kabupaten Bintan.

Banner Polresta Tanjungpinang

Sekda Kabupaten Bintan, Ronny Kartika menuturkan bahwa pembentukan forum ini sesuai amanat Undang Undang nomor 24 tahun 2007 dimana perlu keterpaduan semua pihak, di antaranya unsur Pemerintah Daerah, TNI/Polri, Perusahaan dan Industri serta para relawan.

Tujuannya adalah untuk mengajak seluruh pihak sepakat dalam mengurangi risiko bencana di Kabupaten Bintan.

” seperti saat ini, ketika cuaca panas maka acapkali terjadi kebakaran lahan. Maka dibutuhkan mitigasi serta identifikasi yang melibatkan seluruh pihak sehingga kita dapat meminimalisir terjadinya bencana sedini mungkin di Kabupaten Bintan,” ujarnya, Senin (26/2).

Dikatakannya juga bahwa inventarisasi data jugs sangat dibutuhkan ketika terjadinya emergency, contohnya terkait ketersediaan armada yang akan digunakan, nantinya tidak saja sarana dari Pemeritah Daerah namun juga diperlukan dari pihak Industri/Perusahaan.

” sehingga saling berkolaborasi antara Pemerintah Daerah dan Pihak Industri/Perusahaan dalam pengentasan bencana alam. Dan jika kita melihat pada siklus sistem manajemen penanggulangan bencana itu setidaknya ada tiga tahapan yang saling berkaitan, yaitu pra bencana, saat terjadi bencana, dan pasca bencana,” terangnya. (Yto)

Editor : Brp