Tekan Angka Kemiskinan Ekstrim, Pemkab Bintan Kedepankan 4 Pilar Pembangunan Nasional

Tekan Angka Kemiskinan Ekstrim, Pemkab Bintan Kedepankan 4 Pilar Pembangunan Nasional.
Tekan Angka Kemiskinan Ekstrim, Pemkab Bintan Kedepankan 4 Pilar Pembangunan Nasional. F. Diskominfo Bintan.

 

Bentan.co.id – Mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Bintan, Pemerintah Daerah (Pemda) menggelar Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Bintan, Rabu (18/10/2023), di Ruang Rapat Bawah Kantor Bapelitbang Bintan.

Dalam rapat tersebut, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan menyampaikan, bahwa Bintan dipilih menjadi salah satu Kabupaten prioritas, percepatan penurunan kemiskinan extrim yang menjadi faktor pemicu seluruh intansi terkait agar saling bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dengan adanya tim TKPKD, diharapkan adanya percepatan yang signifikan ketika memasuki tahun 2024. Artinya harus ada peningkatan dari jumlah penghasilan masyarakat dan tidak terlepas dari campur tangan Pemerintah Daerah sekaligus mengurangi pengeluaran dari masyarakat.

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith menegaskan, sebagaimana pesan Presiden RI pada 4 Maret 2020 lalu, yang menyampaikan arahan untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrim.

Diharapkan berbagai macam program bantuan yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Bintan bisa mempercepat penurunan angka kemiskinan tersebut.

“Rapat ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan yang dilaksanakan. Juga perihal Pemanfaatan Basis Data Terpadu untuk Program Penanggulangan Kemiskinan” tegas Osit.

Penanggulangan kemiskinan di suatu daerah bukanlah hal yang mudah karna pemerintah harus saling bekerja sama dan berkomunikasi guna mencocokkan data. Sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat dalam menciptakan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Program Penanggulangan Kemiskinan daerah, terutama di Kabupaten Bintan sudah memasuki triwulan ke 4. Oleh karena itu, harus mengedepankan beberapa hal mulai dari koordinasi, komunikasi, kolaborasi dan konsolidasi.

Keberhasilan penanggulangan kemiskinan sangat bergantung dari kemampuan mengidentifikasikan sasaran penerima manfaat program tersebut.

Untuk itu, peran data dan indikator menjadi faktor yang sangat penting. Sehingga dalam pemutakhiran data dan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan nantinya tidak salah sasaran.

“Pada program-program tersebut kita kedepankan 4 pilar pembangunan sosial. Mulai dari pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, pembangunan hubungan serta pilar hukum dan tatakelola. Ini yang kita pegang,” sebutnya.

Diharapkan dengan kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan lancar dalam merumuskan solusi penanganan kemiskinan di Bintan yang tentunya bermuara pada solusi terbaik. (Yto)

Editor : Brp