Wabup Bintan Osit Hadiri Rakor Penyusunan Rencana Kontingensi yang Digelar Basarnas Tanjungpinang

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Wabup Bintan Osit Hadiri Rakor Penyusunan Rencana Kontingensi yang Digelar Basarnas Tanjungpinang.
Wabup Bintan Osit Hadiri Rakor Penyusunan Rencana Kontingensi yang Digelar Basarnas Tanjungpinang. F. Bentan.

 

Bentan.co.id – Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith membuka Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kontingensi di Kabupaten Bintan.

Rakor tersebut bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi ketidakpastian bencana yang cukup rentan sesuai dengan geografis wilayah.

Banner Polresta Tanjungpinang

Wabup Osit menyampaikan terimakasih kepada Basarnas yang selama ini sangat bersinergi dalam mengantisipasi maupun melakukan tindakan cepat dalam bidang pencarian dan pertolongan (Search and Rescue).

“Sinergi yang selama ini terbangun merupakan wujud kebersamaan dalam memberikan rasa aman dan tentram bagi masyarakat. Terimakasih untuk semua dedikasi dan pengabdiannya kepada semua personil Basarnas” ungkapnya saat memberikan sambutan, Selasa (07/11/2023) di Gedung Convention Hall Bhadra Resort.

Bintan sendiri secara geografis cukup aman dari resiko gempa maupun gunung berapi. Namun demikian, cuaca ekstrim dan kemarau terkadang menjadi ancaman yang patut diantisipasi.

Melalui Rakor ini diharapkan semua pihak dan stake holder yang ada bisa semakin bersinergi sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Masyarakat juga diminta untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca khususnya pemukiman di wilayah pesisir dab para nelayan yang berhubungan langsung dengan lautan.

Direktur Operasional Basarnas RI, Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso mengatakan, rakor digelar untuk menyusun rencana dalam menghadapi masalah kebencanaan, yang berpotensi terjadi di Tanjungpinang dan Bintan.

Sebab, insiden yang sering terjadi di Tanjungpinang dan Bintan merupakan kecelakaan pelayanan. Maka, rakor dan penyusunan kontingensi oebih ditekankan ke kecelakaan pelayaran.

“Kegiatan ini tidak terlepas dari bagaimana  kita meningkatkan sinergitas solidaritas TNI polri, dan instansi terkait  dalam menghadapi kebencanaan yang terjadi di wilayah SAR Tanjungpinang,” katanya. (Yto)

Editor: Brp