Wisatawan Kagumi Arsitektur Bangunan Vihara Patung Seribu Tanjungpinang

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Wisatawan Kagumi Arsitektur Bangunan Vihara Patung Seribu Tanjungpinang
Wisatawan Kagumi Arsitektur Bangunan Vihara Patung Seribu Tanjungpinang. Foto: Disbudpar Tanjungpinang.

Bentan.co.id – Sejumlah wisatawan mengagumi arsitektur bangunan Vihara Ksitigarbha Budisatva atau yang lebih dikenal Vihara Patung Seribu di Tanjungpinang.

Vihara patung seribu terletak di Jalan Asia Afrika, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang. Vihara ini menjadi destinasi unggulan lantaran bentuk bangunannya yang unik serta memiliki koleksi patung Buddha dengan beragam ekspresi.

Banner Polresta Tanjungpinang

Vihara yang dibangun pada tahun 2016, kini menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara.

Vihara ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan yang tiba di sana langsung disambut oleh patung besar dengan arsitektur yang indah.

Begitu melangkah ke dalam vihara, terdapat benteng dengan bangunan seperti pagoda, di atasnya dan di sisi kiri terukir relif yang menceritakan tentang perjalanan Buddha sampai tingkat Mahayana tertinggi yaitu Welas Asih.

Menariknya lagi, terdapat lebih kurang 500 patung Lohan atau pelayan Buddha yang dibangun dengan karakter wajah yang berbeda. Di tambah beberapa deretan patung dewa dewi dalam kepercayaan Buddha.

Ada yang menyebut lebih dari 500 patung itu adalah pelayan Buddha, di sisi lain ada pula yang menyatakan patung-patung itu adalah refleksi thousand faces of Buddha.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Selva mengungkapkan kekagumannya akan keindahan dan keragaman patung-patung yang ada di vihara patung seribu.

“Saya benar-benar kagum. Patung-patung dan ukiran di sini adalah karya seni yang luar biasa,” ucap Selva.

Vihara ini, kata dia, tidak hanya menjadi tujuan wisata religius, tetapi juga menjadi daya tarik bagi para pecinta seni dan budaya dari berbagai latar belakang.

“Wisata ke vihara patung seribu ini sangat saya rekomendasikan. Tentu, saya akan datang lagi ke Tanjungpinang. Karena, masih banyak destinasi wisata yang belum di eksplore,” ujar Selva.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri mengatakan vihara patung seribu ini adalah salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di kota Tanjungpinang.

Vihara ini menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan seni patung, kedamaian spritual, atau sekedar duduk di taman vihara sembari menikmati keindahan alam sekitar.

“Kami berharap wisatawan dapat mengenal lebih jauh keragaman budaya kita dan merasakan pengalaman tak terlupakan ketika berwisata ke kota Tanjungpinang,” ucap Nazri, Rabu (21/6/2026).

Nah, jika anda sedang merencanakan perjalanan wisata yang tak terlupakan, destinasi wisata di kota Tanjungpinang adalah tempat yang wajib anda kunjungi.(*/Yto)

Editor: Brp