Dua Kapal Perang Produk Dalam Negeri Bakal Bakal Memperkuat Armada TNI AL

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Pembangunan Fisik Kapal Perang TNI Al di PT Citra Shipyard Batam. (Foto Dispen Lantamal IV Batam)
Pembangunan Fisik Kapal Perang TNI Al di PT Citra Shipyard Batam. (Foto Lantamal IV Batam)

Bentan.co.id- TNI Angkatan Laut gandengan galangan kapal dalam negeri dalam pembuatan dua kapal perang PC 40 dan Kal 28. Dua kapal perang tersebut di buat oleh perusahaan PT Citra Shipyard Batam, rabu (30/11/2022)

Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda TNI Irwan Isnurwanto mengatakan, pembuatan dua kapal perang tersebut sebagai bentuk kerja nyata program prioritas KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam penambahan dan pemenuhan armada TNI AL.

Banner Polresta Tanjungpinang

“TNI AL terus berkomitmen dalam menggunakan produk dalam negeri dalam pembuatan Kapal Perang RI,” kata dia, selasa (29/11/2022) kemarin.

Ia menjelaskan,  pembangunan kapal PC 40 dan Kal 28 dengan memanfaatkan industri dalam negeri ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan TNI AL, namun, juga sebagai langkah kongkrit dan komitmen TNI AL untuk menyukseskan program pemerintah dalam membangun kemandirian industri pertahanan dan pemanfaatan produk dalam negeri.

“Kapal patroli cepat 40 meter dan Kal 28 yang telah dimulai pembangunan fisiknya ini agar dapat menjadi komponen penting TNI AL pada mas mendatang. Untuk memenuhi tuntutan amanat dan harapan bangsa dan negara dalam melaksanakan pertahanan, keamanan serta melindungi kepentingan bangsa dan negara lewat laut,” ungkap Laksamana Muda TNI Irwan.

“PT Citra Shipyard merupakan Perusahaan Dalam Negeri satu dari sekian perusahaan yang ditunjuk TNI AL dalam pembuatan Kapal Perang RI Tahun Anggaran 2022/2023,” tambah dia.

Proses pembangunan kapal ini juga diawasi Satgas PC 40 dan Satgas Kal 28 yang didukung oleh Bintek terkait untuk menjamin proyek pengadaan kapal PC 40 dan Kal 28 dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

(Yto)