Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas, Begini Respon Menpora Dito

Banner sertifikat halal kemenag kepri
Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas, Begini Respon Menpora Dito
Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas, Begini Respon Menpora Dito. Foto: Instagram/ditoariotedjo.

Bentan.co.id – Menpora Dito Ariotedjo menanggapi penolakan beberapa klub Liga 1 untuk melepas pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 proyeksi Piala Asia U-23 2024.

Dito berharap klub-klub mendahulukan kepentingan negara dalam upaya mengharumkan nama bangsa.

Banner Polresta Tanjungpinang

“Ketika negara memanggil dan memperjuangkan Merah Putih, apalagi dalam agenda resmi FIFA, kami berharap klub-klub bisa dengan jiwa Merah Putih melepaskannya ke Timnas Indonesia U-23,” ujar Dito saat ditemui di Kemenpora, Senin (26/2/2024).

Sebelumnya, tiga klub Liga 1 menolak melepas pemain U-23 ke Timnas U-23 dengan alasan Piala Asia U-23 bukan agenda FIFA dan regulasi PT LIB mewajibkan klub memainkan minimal satu pemain U-23 di starting XI.

Menanggapi hal tersebut, PT LIB telah melayangkan surat permohonan kepada PSSI untuk menghapus sementara kewajiban klub memainkan pemain U-23 sebagai starter.

“LIB memohon relaksasi terkait implementasi regulasi tersebut untuk dihapuskan, adapun pertimbangannya sebagai bentuk dukungan kepada Tim Nasional U-23 yang berlaga di Piala Asia 2023 pada bulan April 2024,” bunyi surat PT LIB.

Dito menegaskan bahwa kepentingan Timnas U-23 harus didahulukan karena ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk meraih prestasi di kancah internasional.

“Ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk meraih prestasi di kancah internasional. Kami berharap semua pihak bisa mendukung Timnas U-23,” kata Dito Ariotedjo.(Ink)

Editor: Brp