KPU Klarifikasi Soal Mic Gibran di Debat Capres: Semua Cawapres Sama

KPU Klarifikasi Soal Mic Gibran di Debat Capres: Semua Cawapres Sama
KPU Klarifikasi Soal Mic Gibran di Debat Capres: Semua Cawapres Sama. Foto: KPU RI.

Bentan.co.id – Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengklarifikasi soal unggahan pakar telematika Roy Suryo yang menyebut bahwa Gibran Rakabuming Raka menggunakan tiga mic sekaligus di debat capres.

Hasyim memastikan bahwa semua cawapres menggunakan mic yang sama.

Hasyim Asy’ari, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mengklarifikasi terkait unggahan pakar telematika Roy Suryo, dalam akun media sosialnya yang mengatakan bahwa calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menggunakan tiga mik sekaligus, sementara dua cawapres lainnya tidak.

Menurut Hasyim, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023), menggunakan alat mikrofon yang sama.

“Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai tiga mik untuk mengantisipasi ada mik yang mati,” kata Hasyim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/12/2023).

Hasyim menegaskan, Gibran tak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Ia menjelaskan bahwa alat yang berada di telinga para cawapres merupakan cantolan mic.

“Bukan ear feeder Itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping,” ungkapnya.

“Semua cawapres bisa ditanya dan juga stasiun TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mik, bisa ditanya,” katanya.

Hasyim memastikan, debat cawapres berlangsung dengan adil dan spontan. Ia menyayangkan analisis Roy Suryo yang keliru.

“Saya sebagai penyelenggara juga tahu dan siap tanggung jawab,” ucap Hasyim.

“Debat spontan, tidak mungkin didikte, mendengarkan bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah,” pungkasnya.(*/Brp)

Editor: Don