Presiden Melalui KTT OKI, Perkuat Komitmen Dukungan untuk Palestina

Presiden Melalui KTT OKI, Perkuat Komitmen Dukungan untuk Palestina
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, di sela-sela KTT Luar Biasa OKI, di KAICC, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). BPMI Setpres.

Bentan.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalin pertemuan dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di tengah-tengah gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC) pada Sabtu (11/11/2023).

Berdasarkan siaran pers BPMI Setpres, Presiden Jokowi kembali menegaskan tekad Indonesia untuk terus memberikan dukungan kuat kepada Palestina.

Pasalnya, kekerasan yang mengakibatkan banyak korban jiwa harus segera diakhiri.

“Indonesia memastikan dukungan konkret untuk Palestina. Kita perlu menghentikan kekerasan, menghentikan pemindahan paksa warga sipil, dan segera memberikan bantuan kemanusiaan,” tegas Presiden.

Presiden Jokowi menyampaikan keprihatinan mendalamnya terhadap kondisi kemanusiaan di Gaza yang semakin memburuk akibat tindakan kejam Israel.

Dia juga mengecam intimidasi yang terus dialami oleh warga sipil Palestina di Tepi Barat.

“Tindakan keji ini melanggar hukum internasional dan prinsip kemanusiaan,” ungkap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengecam keras kekejaman Israel terhadap Palestina, tanpa alasan yang dapat membenarkan pembunuhan massal dan pemindahan paksa warga Palestina dari tanah leluhur mereka.

Presiden Jokowi merasa bersyukur karena bantuan kemanusiaan dari Indonesia telah mulai disalurkan ke Gaza. Beliau juga meminta Presiden Abbas untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang jenis bantuan apa yang masih diperlukan oleh Palestina.

Presiden Abbas menyampaikan apresiasinya atas konsistensi Indonesia dalam memberikan dukungan terhadap perjuangan bangsa Palestina.

Abbas sangat menghargai dukungan ini dan berterima kasih atas bantuan kemanusiaan yang telah diberikan oleh Indonesia untuk warga Palestina di Gaza.(*/Brp)

Editor: Don